Rabu, 12 September 2012

laporan observasi strategi pembelajaran

LEMBAR  OBSERVASI LAPANGAN
STRATEGI PEMBELAJARAN

Dosen pengampu        : Bapak prof.Dr.H.Karwono M.Pd

NAMA KELOMPOK
NPM
AHMAD AFANDI
09211240
NIDA URROHMAH
09211287
NURITA MENIK SUSANTI
09211291

Prodi                            : Pendidikan Ekonomi
Nama sekolah             : Smk Muhammdiyah 1 Seputih Banyak
Kelas/jurusan              : x/penjualan
Nama Guru                 : Retno Dewi Komala S.Pd
Mata pelajaran           : KEWIRAUSAHAAN
Kelas/semester           : X Penjualan/II
Alokasi  waktu             : 2 x4 5 Menit
Standar  kopetensi      : Merencenakan Pengelolaan Usaha Kecil
Kopetensi  Dasar         : Menganalisis Aspek-Aspek  Pengelolaan Usaha
Indikator                      : 1.Merancang Proses Produksi &Penyimpanan Produk
                                       2.Menjelaskan Sistem Proses Produksi barang&jasa
I.        Tujuan pembelajaran
a.      Siswa Dapat Menjelaskan Apa Yang Dimaksud Denagn Proses Pembelajaran
b.      Siswadapat menyebutkan kegiatan perencanaan proses produksi
c.       Siswa dpat menetapkan skala proses produksi barang dan jasa
d.      Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam proses produksi
II.      Materi pembelajaran
a.      Produksi dan penyimpanan barang
b.      System proses  p roduksi barang dan jasa
III.    Metode pembelajaran
a.      Ceramah
b.      Diskusi
IV.    Alat dan sumber belajar
a)      Alat
-           White board
-          Spidol
-          Penghapus
b)      Sumbar belajar
-          Buku Kewirausahaan untuk Smk kelas X
-          LKS
-          Referensi lain yang relevan dengan materi pembahasan

V.      Penilaian
-          Teknik                          : Tugas individual
-          Bentuk instrument      : Uraian singkat pilihan ganda







NO
TAHAPAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBALAJARAN
1
Pra pembelajaran
a)      Motivasai






b)      Tujuan



c)      Tingkah laku masukan


Sebelum guru melaksanakankegiatan pembelajaran guru melakukan Tanya jawab antara peserta didik denga gur, yang berkaitan dengan matri pelajaran yang telah dipelajari seminggu sebelumnya untuk mengetahui bahwa siswa telah benar-benar menguasai materi yang telah diajarkan sebelumnya.  Kemudia guru melanjutkan materi seanjutnya yaitu tentang menganalisi aspek-aspek pengelolaan usaha.

Sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, guru menyampaikan tujuan pemmbelajaran yang akan dicapai kepada pesdik agar pesdik dapat mengikuti  dan menerima pelajaran dengan baik

guru menjelaskan materi tetang menganalisis aspek-aspek pengelolaan usaha, kemudian siswa mendengarkan dan memahami akan materi yang disampaikaoleh guru tersebut.
2
Tingkah laku masukan
a)      Pengurutan



b)      besarnya satuan pembelajaran

c)      contoh-contoh

Guru memulai pembelajaran dengan menjelaskan terlebih dahulu pengertian analisis aspek-aspek  pengelolaan usaha smpai dengan contoh-contoh penerapan dalam kehidupan sehari-hari.

guru melaksanakan prose pembelajaran selama 2 x 45 menit .


guru memberikan contoh-contoh dari setiap penjelasan dengan me ngaitkan kehidupan ehari-hari, misalnya  pengelolaan usaha kecil pembuatan tempe guna kebutuhan kita sehari-hari.

3
Peran serta pesdik
a)      latihan




b)      balikan

Seteah guru selesai menjelaskan maeri tentang menganalisis aspek-aspek pengelolaan usaha, selanjutnya guru memberikan beberapa pertanyaan terkait dengan materi dan memberikan reinforcement psitif agar dapat memacu siswa agar turut aktif dalam pembelajaran.

 Dari penjelasan tersebut, guru memberika sedikit penambahan terkait pengelolaan usaha yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari untuk memacu partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran.
Kemudian menunjuk bebera siswa untuk menyampaikan beberapa kesimpulan terkait dengan materi yang telah disampaikan ataupun penambahan bagi pengetahuan tambahan tentunyaterkait dengan materi enbahasan.


4
Pengetesan
a)      Tingkah laku masukan





b)      Pra tes



c)      Tes sambil jalan


d)      Pasca tes

Dalam menyampaikan materi guru harus mengetahui keadaan siswa dalam kelas serta mengkondisikan kelas agar dapat terkondisikan degan baik, agar siswa dapat memahami dengan jelas terhadap materi yang dijelaskan. Apabila siswa belum memahami materi dengan jelas maka guru akan kembali menjelaskan materi tersebut, agar siswa benar-benar dpat memahami materi tersebut.

 Guru kembali menanyakan dan mengulas berbagai materi yang begitu dipahami oleh siswa dengan memberika kembali beberapa contoh terkait dengan materi.

Setelah guru selesai menjelaskan materi, guru memberikan beberapa soal kepada pesdik sebagai tugas mandiri dan membentuk suatu kelompok diskuusi kecil.
Dari hasil observasi kami pasca tes tidak ada.

















Kesimpulan     :
Berdasarkan hasil observasi yang kami lakukan di smk muhammadiah 1 seputih banyak kelas x jurusan penjualan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran yang dilakukan oleh ibu retno dewi komala s.pd,sudah sangat efektif karena system pembelajaran dimulai dari penyampaian materi,pemberian contoh –contoh,Tanya jawab dan diskusi kecil,kemudian siswa diberikan sedikit penambahan dan permasalahan yang sering  timbul dalam kehidupan sehari –hari mengenai pengelolaan usaha,selain itu guru dapat membangkitkan motivasi siswa untuk turut aktif dalam pembelajaran dengan memberikan reinforcement positif kepada siswa.
Saran               :
Proses  pembelajaranyang dilaksanakan oleh guru sebenarnya sudah cukup baik,guru sangat menguasai materi dan dapat mengkondisikan kelas  sehingga kelas menjadi hidup dan setiap siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran.
Hanya saja,pembelajan tersebut akan lebih menjadi menarik lagi apabila di tunjang  dengan media pembelajaran yang memadai seperti penggunaan LCD.
Sehingga  tarik belajar siswa akan semakin meningkat dan guru pun dapat lebih mudah dalam mengawasi  setiap siswa dalam kelas.     

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar