LEMBAR OBSERVASI
LAPANGAN
STRATEGI PEMBELAJARAN
Dosen pengampu : Bapak prof.Dr.H.Karwono M.Pd
NAMA KELOMPOK
|
NPM
|
AHMAD AFANDI
|
09211240
|
NIDA URROHMAH
|
09211287
|
NURITA MENIK SUSANTI
|
09211291
|
Prodi : Pendidikan Ekonomi
Nama sekolah : Smk Muhammdiyah 1 Seputih Banyak
Kelas/jurusan : x/penjualan
Nama Guru : Retno Dewi Komala S.Pd
Mata pelajaran : KEWIRAUSAHAAN
Kelas/semester : X Penjualan/II
Alokasi waktu :
2 x4 5 Menit
Standar kopetensi :
Merencenakan Pengelolaan Usaha Kecil
Kopetensi Dasar :
Menganalisis Aspek-Aspek Pengelolaan
Usaha
Indikator : 1.Merancang Proses
Produksi &Penyimpanan Produk
2.Menjelaskan Sistem Proses Produksi barang&jasa
I.
Tujuan pembelajaran
a. Siswa Dapat Menjelaskan
Apa Yang Dimaksud Denagn Proses Pembelajaran
b. Siswadapat menyebutkan
kegiatan perencanaan proses produksi
c. Siswa dpat menetapkan
skala proses produksi barang dan jasa
d. Siswa dapat menyebutkan
hal-hal yang harus diperhatikan dalam proses produksi
II. Materi pembelajaran
a. Produksi dan penyimpanan
barang
b. System proses p roduksi barang dan jasa
III. Metode pembelajaran
a. Ceramah
b. Diskusi
IV. Alat dan sumber belajar
a) Alat
-
White board
-
Spidol
-
Penghapus
b) Sumbar belajar
-
Buku
Kewirausahaan untuk Smk kelas X
-
LKS
-
Referensi
lain yang relevan dengan materi pembahasan
V. Penilaian
-
Teknik :
Tugas individual
-
Bentuk instrument :
Uraian singkat pilihan ganda
NO
|
TAHAPAN PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBALAJARAN
|
1
|
Pra
pembelajaran
a) Motivasai
b) Tujuan
c) Tingkah laku masukan
|
Sebelum guru melaksanakankegiatan pembelajaran guru
melakukan Tanya jawab antara peserta didik denga gur, yang berkaitan dengan
matri pelajaran yang telah dipelajari seminggu sebelumnya untuk mengetahui
bahwa siswa telah benar-benar menguasai materi yang telah diajarkan
sebelumnya. Kemudia guru melanjutkan
materi seanjutnya yaitu tentang menganalisi aspek-aspek pengelolaan usaha.
Sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, guru menyampaikan
tujuan pemmbelajaran yang akan dicapai kepada pesdik agar pesdik dapat
mengikuti dan menerima pelajaran
dengan baik
guru menjelaskan materi tetang menganalisis aspek-aspek
pengelolaan usaha, kemudian siswa mendengarkan dan memahami akan materi yang
disampaikaoleh guru tersebut.
|
2
|
Tingkah laku
masukan
a) Pengurutan
b) besarnya satuan
pembelajaran
c) contoh-contoh
|
Guru memulai pembelajaran dengan menjelaskan terlebih
dahulu pengertian analisis aspek-aspek
pengelolaan usaha smpai dengan contoh-contoh penerapan dalam kehidupan
sehari-hari.
guru melaksanakan prose pembelajaran selama 2 x 45 menit .
guru memberikan contoh-contoh dari setiap penjelasan dengan
me ngaitkan kehidupan ehari-hari, misalnya
pengelolaan usaha kecil pembuatan tempe guna kebutuhan kita
sehari-hari.
|
3
|
Peran serta
pesdik
a) latihan
b) balikan
|
Seteah guru selesai menjelaskan maeri tentang menganalisis aspek-aspek
pengelolaan usaha, selanjutnya guru memberikan beberapa pertanyaan terkait
dengan materi dan memberikan reinforcement psitif agar dapat memacu siswa
agar turut aktif dalam pembelajaran.
Dari penjelasan
tersebut, guru memberika sedikit penambahan terkait pengelolaan usaha yang
terjadi dalam kehidupan sehari-hari untuk memacu partisipasi aktif siswa
dalam pembelajaran.
Kemudian menunjuk bebera siswa untuk menyampaikan beberapa
kesimpulan terkait dengan materi yang telah disampaikan ataupun penambahan
bagi pengetahuan tambahan tentunyaterkait dengan materi enbahasan.
|
4
|
Pengetesan
a) Tingkah laku masukan
b) Pra tes
c) Tes sambil jalan
d) Pasca tes
|
Dalam menyampaikan materi guru harus mengetahui keadaan
siswa dalam kelas serta mengkondisikan kelas agar dapat terkondisikan degan
baik, agar siswa dapat memahami dengan jelas terhadap materi yang dijelaskan.
Apabila siswa belum memahami materi dengan jelas maka guru akan kembali
menjelaskan materi tersebut, agar siswa benar-benar dpat memahami materi tersebut.
Guru kembali
menanyakan dan mengulas berbagai materi yang begitu dipahami oleh siswa
dengan memberika kembali beberapa contoh terkait dengan materi.
Setelah guru selesai menjelaskan materi, guru memberikan
beberapa soal kepada pesdik sebagai tugas mandiri dan membentuk suatu
kelompok diskuusi kecil.
Dari hasil observasi kami pasca tes tidak ada.
|
Kesimpulan :
Berdasarkan hasil
observasi yang kami lakukan di smk muhammadiah 1 seputih banyak kelas x jurusan
penjualan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran yang dilakukan oleh ibu
retno dewi komala s.pd,sudah sangat efektif karena system pembelajaran dimulai
dari penyampaian materi,pemberian contoh –contoh,Tanya jawab dan diskusi
kecil,kemudian siswa diberikan sedikit penambahan dan permasalahan yang
sering timbul dalam kehidupan sehari
–hari mengenai pengelolaan usaha,selain itu guru dapat membangkitkan motivasi
siswa untuk turut aktif dalam pembelajaran dengan memberikan reinforcement
positif kepada siswa.
Saran :
Proses pembelajaranyang dilaksanakan oleh guru
sebenarnya sudah cukup baik,guru sangat menguasai materi dan dapat
mengkondisikan kelas sehingga kelas
menjadi hidup dan setiap siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran.
Hanya saja,pembelajan
tersebut akan lebih menjadi menarik lagi apabila di tunjang dengan media pembelajaran yang memadai
seperti penggunaan LCD.
Sehingga tarik belajar siswa akan semakin meningkat
dan guru pun dapat lebih mudah dalam mengawasi
setiap siswa dalam kelas.
really good
BalasHapus